Pages

Friday, July 24, 2009

Bagaimana membuat program kalender dengan bahasa C++

Program kalender dengan bahasa C++..

Kira - kira 6 bulan yang lalu ketika masih duduk di semester 2. Saya dapat tugas berkelompok dari mata kuliah pemrograman komputer.
Ternyata tugas besar tuw membuat program kalender dengan bahasa C++. Jangka waktu yang diberikan untuk menyelesaikan program itu cuma 2 minggu.
Pertama saya mencoba, ternyata saya bingung. Saya tidak mendapatkan logika pemecahan masalah. Semakin hari semakin bingung karena tugas belum selesai. Suatu hari hari saya berpikir, saya ingin memulai kalender dengan berpatokan pada tanggal 1 dan bertepatan dengan hari senin.
Setelah dicari cari tanggal 1 hari senin tepat pada tahun 0 masehi.
Disini mulai otak saya bekerja. Program kalender ini dimulai dari tanggal 1 tepatnya hari senin. Tanggal 1 yang bertepatan juga pada hari senin hanya ada pada tahun 1 masehi.
Program ini berpatukan pada tanggal 1 Januari 1. Bagaimana program ini bekerja ?
Nah disini akan diulas lebih kedalam lagi. Pada program ini akan di input bulan dan tahun.
Sebagai contoh akan di-input bulan 2 dan tahun 4. Proses menghitung jumlah hari sampai sebelum bulan 2 dan tahun 4, artinya hanya menghitung hari sampai bulan 1 dan tahun 3. Mengapa demikian ?
Karena programnya akan dimulai sesudah bulan 1 dan tahun 3,yaitu bulan 2 dan tahun 4.
Pada tahun 1 jumlah harinya sebanyak 365, pada tahun 2 jmlah harinya juga sama 365, dan bulan 3 jumlah harinya sama pula yaitu 365. Nah pada bulan 1 jumlah harinya ada 31. Jumlah hari (tahun 1 + tahun 2 + tahun 3 + bulan 1 = 365 + 365 + 365 + 31 = 1126.
Selanjutnya mencari sisanya setelah dimodulo 7 (karena jumlah hari ada 7 yaitu senin sampe minggu), bahasa matematikanya 1126 % 7 = 6.
Apa fungsi dari angka 6 ini?
Fungsinya untuk mengetahui hari apa pada tanggal 1 bulan 2. Tanggal 1 pada bulan 2 setelah 6 hari sebelumya. Ingat pada program ini hanya berpatokan pada hari senin dan dihitung mulai dari hari senin. Jadi 6 hari setelah hari senin adalah hari Minggu.


Source kode dapat di download disini

9 comments:

  1. mas.. makasih yah
    ini tolongin tugas saya banget :)
    makasih, makasih

    ReplyDelete
  2. sama-sama, terimakasih sudah berkunjung :)

    ReplyDelete
  3. kalau link nya mati ( mohon menghubungi) saya akan update lagi link nya :))

    ReplyDelete
  4. kalau ditambah dengan weton jawa gimana kang, jadi tampilannya kaya kalender pada umumnya , ada nasional dan ada jawanya

    ReplyDelete
  5. Sebagai contoh akan di-input bulan 2 dan tahun 4. Proses menghitung jumlah hari sampai sebelum bulan 2 dan tahun 4, artinya hanya menghitung hari sampai bulan 1 dan tahun 3. = yang bener ( bulan 1 tahun ke 4 ) kalo sampai bulan 1 dan tahun 3, itu artinya cuma 2 tahun + 1 bulan



    ReplyDelete
  6. terima kasih gan ndorei atas koreksinya :))

    ReplyDelete